Membangun bisnis wifi rumahan tanpa mikrotik

Membangun bisnis WiFi merupakan langkah yang sangat tepat bagi anda yang ingin memulai bisnis internet. Bisnis ini diperkirakan akan terus tumbuh karena kebutuhan akan internet terus meningkat. Walaupun kebutuhan tersebut beralih dari yang dulunya internetan harus ke warnet menjadi bisa dimana saja karena adanya smartphone.

wifi

  Bisnis WiFi ini juga sangat menjanjikan karena dapat diaplikasikan diberbagai daerah dan tempat. Tentu, anda harus memperhatikan pilihan lokasi yang tepat dalam membangun bisnis ini. Karena terdapat banyak orang yang memiliki pemikiran yang sama dan akan membangun bisni serupa di lingkungan yang sama.

Oleh karena itu, anda harus cepat tanggap dalam membaca peluang bisnis ini di lingkungan sekitar. Karena jika terdapat dua bisnis yang sama di satu tempat maka persaingan akan semakin tinggi dan keuntungan yang diperoleh akan berkurang dari seharusnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Membuka Bisnis WiFi


Setiap bisnis yang akan dibuka harus melalui suatu kajian terlebih dahulu. Hal ini sangat penting agar anda tahu apa saja kendala, peluang, kelebihan dan cara penanganannya. Jadi, dengan melakukan kajian terlebih dahulu anda telah mengurangi peluang rugi atau bangkrut sampai 50%. Lebihnya bergantung kepada kinerja, operasional dan usaha anda ketika bisnis ini telah dibangun.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuka bisnis internet WiFi. Beberapa diantaranya adalah:

Memilih Lokasi


Lokasi Usaha



Lokasi merupakan hal yang sangat penting ketika anda ingin membuka bisnis WiFi. Pemilihan lokasi haruslah didasarkan pada kemampuan modal, keberadaan ISP serta peluang pengguna. Jika dilihat dari tiga hal di atas maka daerah perkotaan atau pinggiran kota merupakan lokasi yang paling strategis.

Karena keberadaan ISP cukup dekat,peluang pengguna cukup banyak karena orang dikota pasti butuh internet serta modal dapat menyesuaikan dengan peralatan yang dibutuhkan. Namun, anda bisa membuka bisnis ini di desa namun modal yang dibutuhkan lebih besar.

Informasi

informasi

Cari Informasi
Setelah menentukan letak lokasi yang dikira strategis untuk bisnis WiFi anda kemudian mencari tahu apa saja informasi yang dibutuhkan. Informasi ini seperti adakah pesaing di lokasi tersebut, pendapat masyarakat sekitar, penghuni di daerah tersebut, rata-rata pekerjaannya dan lainnya.


Tidak adanya pesaing akan mempermudah anda untuk membuka bisnis ini. Namun, pendapat masyarakat adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan. Karena jika masyarakat sekitar tidak suka maka sebagus apapun lokasinya bisnis anda tidak akan jalan.


Kemudian, anda harus memeriksa penghuni dilokasi tersebut didominasi oleh siapa (orangtua, pekerja, mahasiswa dll). Karena internet ini banyak digunakan oleh anak-anak sampai orangtua denga usia produktif (15-50 tahun). Selain itu anda bisa cek kebanyakan pekerjaannya apa, karena anda bisa memperkirakan pendapatan dan biaya internet yang akan dibebankan kepada masyarakat.

Internet Service Provider




 

Internet Service Provider

Setelah mengetahui lokasi dan informasi yang dibutuhkan di dalamnya. Langkah selanjutnya adalah memilih provider internet terbaik yang bisa anda pilih. Pemilihan provider internet dapat ditentukan dari dekat atau jauhnya lokasi ISP dari tempat tujuan, harga, paket dan promo, serta jangkauan.

Hal ini sangat mendukung karena dapat mengurangi biaya anda untu membeli peralatan yang dibutuhkan. Karena setiap ISP memiliki program dan cara kerjanya masing-maisng. ISP Indonesia yang direkomendasikan adalah MyRepublic, Indihome, MNC Play, First Media dll.

Peralatan Untuk Membangun Bisnis WiFi




 
peralatan wireless

Peralatan Membangun Bisnis WiFi

Membangun bisnis WiFi tentu membutuhkan berbagai peralatan agar bisnis tersebut dapat terwujud. Tentu dibutuhkan serangkaian alat yang saling berhubungan satu sama lain. Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah:

Modem dan Internet Provider


Alat satu ini harus ada ketika anda membangun bisnis WiFi, karena dengan adanya modem maka jaringan internet dari ISP dapat diterima dan dipakai oleh pengguna. Anda harus memilih ISP dengan cermat karena setiap perusahaan ISP memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Pemilihan modem dapat disesuaikan dengan ISP yang dipilih. Namun, ada kalanya anda harus memilih modem secara manual terutama ketika bisnis yang ada ingin dikembangkan.

Hotspot dan Router


Peralatan selanjutnya adalah hotspot dan router. Router berguna sebagai penyambung jaringan internet ke pengguna langsung melalui kabel LAN ataupun ke hotspot. Router juga bisa dipakai untuk mengatur bandwidth agar trafik jaringan tidak terlalu tinggi.

Hotspot ataupun access point dipakai untuk jaringan internet wireless. Kelebihannya lebih praktis dan menempatkannya mudah. Namun, semakin jauh pengguna dari titik hotspot maka jaringan internet akan semakin lemah.

Kabel Jaringan (LAN)


Kabel ini juga memiliki peranan penting sebagai penghantar jaringan dari router ke hotspot. Selain, itu kabel LAN bisa dipakai untuk menyambungkan internet dari router ke laptop atau komputer. Kelebihan kabel LAN jaringan internet lebih stabil sehingga tidak terpengaruh lokasi. Namun, pemakaian kabel tidak praktis sehingga saat ini jarang dipakai.

Laptop dan Komputer


Bisnis WiFi tentunya tidak akan bekerja jika tidak ada komputer atau laptop yang berfungsi sebagai server utama. Komputer ini digunakan untuk memeriksa IP pengguna, mendaftarkan IP baru, mengaturnya, serta memeriksa trafik jaringan. Oleh karena itu, anda harus memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi tertentu agar bisnis ini dapat berjalan dengan baik.

Antena Pemancar Bisnis WiFi


Alat ini sifatnya tidak wajib, namun fungsinya cukup penting karena dapat memperkuat jaringan internet yang diperoleh dan dikirimkan ke pengguna. Alat ini cocok dipakai di daerah pinggiran kota yang sinyal internetnya kurang kuat.

Alat ini biasanya diletakkan ditempat tinggi agar dapat bekerja dengan maksimal. Namun, anda harus menambahkannya dengan anti petir, karena alat ini rawan tersambar petir ketika hujan deras.

Sumber : https://queencitycookies.com

Simak juga artikel keren lainnya
https://viannasrullah.blogspot.com/2020/03/cctv-murah-meriah.html 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RT/RW Net Ilegal Setujukah Anda ? 01

Keuntungan memakai CCTV Wireless : Simak Ulasannya

7 Pilihan Kamera CCTV Murah Yang Populer di Kota Karawang